Menulis Surat Lamaran Kerja Untuk Melamar Pekerjaan

Saat berencana mencari kerja atau melamar kerja, Anda tentu membutuhkan surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja ini juga dikenal dengan sebutan Curriculum Vitae (CV). Curriculum vitae ini beirisi tentang biografi singkat seseorang yang meliput; identitas diri, keahlian yang dikuasai, pendidikan berikut prestasi yang pernah diraih hingga pengalaman kerja yang dimiliki.

Setiap perusahaan, entah itu swasta atau perusahaan pemerintah mengandalkan CV untuk melihat kapasitas kemampuan pelamar kerja. Jadi peran CV atau surat lamaran kerja juga sangatlah besar dalam membantu Anda memperoleh pekerjaan. CV dinilai dapat mewakili refleksi dari si pelamar kerja.

okezone.com

Perusahaan yang menerima surat lamaran kerja atau CV Anda sangat membutuhkan CV tersebut agar dapat mengetahui gambaran tentang Anda. CV memang hanya menyajikan gambaran tentang Anda secara singkat, tapi CV itu setidaknya bisa memberikan informasi detail tentang latar belakang pendidikan, ketrampilan dan keahlian apa yang Anda miliki. Meski singkat, tapi CV memuat informasi secara padat.

Penting bagi Anda untuk menonjolkan kemampuan dan keahlian yang dikuasai. Biarkan bagian HRD perusahaan mengerti bahwa Anda adalah calon karyawan yang kompeten. Oleh karena itu, jangan malu atau sungkan untuk menonjolkan keahlian yang Anda kuasai. Poin ini menjadi pertimbangan penting bagi HRD sebelum akhirnya memutuskan Anda untuk mengikuti tahap selanjutnya.

Jangan lupa mencantumkan kontak pribadi secara lengkap dan jelas. Hal ini memudahkan HRD ketika ingin menghubungi Anda. Kontak pribadi bisa berupa nomor telepon, nomor ponsel, dan alamat email.

Apabila sebelumnya Anda belum pernah membuat surat lamaran kerja, Anda bisa mencari referensi tentang cara membuat CV di internet. Tapi jangan terlalu terpaku pada contoh CV yang ada ya, sebab biasanya seseorang menulis surat lamaran kerja menurut aturan yang diberlakukan perusahaan yang dituju.

Demikian tadi sedikit ulasan tentang surat lamaran kerja atau Curriculum CV. Jangan lupa menulis CV selengkap – lengkapnya dan sejelas – jelasnya ya. Tak ketinggalan, jangan lupa melampirkan foto terbaru Anda dengan ukuran 4 x 6 supaya HRD bisa mengenali Anda dengan jelas.


Leave a Reply