Prosesi Pernikahan Adat Jawa yang Rumit Tapi Mengesankan

 

prosesi-pernikahan-adat-jawa-yang-rumit-tapi-mengesankan    Prosesi pernikahan adat Jawa – Setiap suku pasti memiliki budaya sendiri. Hal ini sesuai dengan semboyan Indonesia Bhineka Tunggal Ika. Keanekaragaman budaya ini termasuk dalam hal adat pernikahan. Terkadang pernikahan adat suatu daerah memang memiliki arti tersendiri, seperti halnya adat Jawa.

Bagi orang yang belum pernah melihatnya, mungkin mengatakan rumit. Mengapa dikatakan rumit? Ya, karena terdiri dari beberapa prosesi panjang mulai dari tahap pembicaraan, pembelian mahar seperti cincin kawin atau cincin palladium sampai tahap inti pernikahan. Namun, panjangnya prosesi pernikahan adat Jawa tersebut justru mengesankan. Bahkan membuat mayoritas orang Jawa atau keturunan Jawa selalu ingin melaksanakannya agar lebih sakral.

 

Mengenal Rangkaian Upacara Pernikahan Adat Jawa

Masyarakat Jawa masih memang cukup kental dengan budayanya. Diantaranya yakni prosesi pernikahan adat Jawa yang memiliki arti dalam setiap tahapnya. Agar Anda lebih mengetahui maknanya berikut urutan prosesi pernikahan adat Jawa yang mungkin sering Anda jumpai.

  1. Upacara Ijab

Ijab merupakan hal yang paling sakral. Prosesi pernikahan adat Jawa tahap pertama ini melibatkan penghulu KUA, wali dari pihak perempuan, dan beberapa saksi. Setelah ijab qobul berjalan lancar, maka kedua mempelai dinyatakan sah sebagai suami istri.

  1. Upacara panggih

Panggih artinya bertemu. Upacara panggih terdiri dari liron kembar mayang, lempar sirih, basuh kaki pria yang telah menginjak telur, dan sebagainya. Hal tersebut memiliki filosofi kewajiban suami istri setelah menikah.

  1. Sungkeman

Sungkeman dilakukan oleh kedua pasangan pengantin kepada kedua orang tua dan mertua. Prosesi pernikahan sagat Jawa berupa sungkeman ini memiliki arti sebagai wujud ungkapan bakti kepada kedua orang tua. Selain itu, sungkeman juga berarti minta doa restu agar pernikahan selalu bahagia.

  1. Kirab

Kirab adalah proses ganti busana kedua pengantin yang meninggalkan tempat duduk.

 

Keunikan Prosesi Pernikahan Adat Jawa

Meskipun dapat dikatakan sebagai prosesi yang panjang, tetapi banyak keunikan di dalamnya. Anda lebih dapat merasakan kecintaannya terhadap budaya Jawa. Keunikan-keunikan tersebut terdapat pada setiap prosesi yang dilakukan. Tidak hanya sekedar melakukan sesuai adat, tetapi juga memiliki arti yang bermakna. Prosesi pernikahan adat Jawa memang salah satu adat yang mengesankan. Berdasar hal itulah Anda akan diajarkan bagaimana menghormati suami maupun istri.

Jika anda mau mencari inspirasi cincin pernikahan bisa cek diweb ini www.spillajewelry.com


Leave a Reply