Tips Wisata Danau Ubur-Ubur Lenmakana Papua

Raja Ampat memiliki begitu banyak pilihan wisata yang menggoda untuk didatangi. Salah satunya ada di Pulau Misool, area selatan Raja Ampat yaitu Danau Ubur-Ubur Lenmakana. Di tempat ini Anda akan diajak bergabung dengan ratusan ubur-ubur tanpa sengat. Pulau Misool rupanya memiliki banyak danau air asin dan beberapa dari danau tersebut menjadi tempat tinggal bagi ubur-ubur tanpa sengat. Akan tetapi, hanya ada dua pulau yang bisa diakses yaitu Danau Lenmakana dan Danau Karawapu. Sebagai informasi tambahan berikut beberapa tips wisata ke Danau Lenmakana.-paket liburan ke raja ampat

Tips Wisata Danau Lenmakana
1. Transportasi
Pilihlah penerbangan dengan tujuan ke Sorong, Papua. Dari Sorong perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan speedboat yang memakan waktu hingga sekitar 4-5 jam perjalanan. Di Misool sendiri untuk sewa kapal masih sangat mahal, akan lebih hemat jika Anda menggunakan jasa penyedia perjalanan wisata atau secara berkelompok.

2. Stamina yang fit
Sangat berbeda dengan yang ada di Kakaban, Kalimantan Timur dimana akses jalannya sudah cukup baik terbuat dari kayu untuk membantu perjalanan menuju danau. Akses di Danau Ubur-Ubur Lenmakana tidaklah mudah terlebih dahulu Anda harus trekking dengan jalur berupa bukit batu. Pakailah alas kaki yang sesuai dan nyaman untuk keamanan kaki Anda. Setelah sampai di puncak untuk bisa masuk ke danau Anda harus berhati-hati turun pasalnya tidak ditemui pijakan saat turun menuju danau. Perjalanan tersebut tentu sangat melelahkan sehingga Anda harus benar-benar dalam kondisi yang fit. Jangan lupa pula untuk membawa persediaan air minum.

3. Snorkeling dengan bijak
Kesulitan dan lelah yang Anda rasakan akan hilang saat Anda menyaksikan ubur-ubur yang tengah berenang ke permukaan. Gerombolan ubur-ubur yang berukuran kecil hingga besar berenang bebas di dalam dan juga permukaan danau. Danau Ubur-Ubur Lenmakana sendiri memiliki dasar yang cukup dalam sehingga air danau tidak akan keruh saat Anda masuk ke dalam air. Ubur-ubur di Danau Lenkamana ini terkenal cukup rentan. Pasalnya mereka tidak dilindungi pertahanan yang biasanya berupa sengatan. Usahakan Anda berenang dengan gerakan yang santai. Bagi Anda yang penasaran dan ingin menyentuh ubur-ubur, sentuhlah dengan pelan dan hati-hati. Selain itu untuk tetap menjaga ubur-ubur jangan pernah mengangkat hewan tersebut keluar dari air.

4. Mengabadikan dalam foto
Memiliki kesempatan berenang bersama ratusan ubur-ubur tentu merupakan pengalaman yang mengesankan bagi siapa saja. Rugi jika momen tersebut tidak Anda foto. Gambar yang apik dengan background ubur-ubur totol (Mastigias Papua) akan menjadi foto terbaik yang Anda miliki.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang ingin atau akan berwisata ke Danau Ubur-Ubur Lenmakana di Pulau Misool, Raja Ampat yang perlu untuk Anda ketahui.


Leave a Reply